ANAK JUGA BISA STRESS

13


Sejak Kapan anak dapat mengalami stress

Stres pada anak dapat terjadi pada berbagai usia, bahkan sejak usia dini, sejak dalam kandungan. Bila ibu yang mengandung mengalami stres, janin yang ada dalam kandungan juga akan merasakannya. Detak jantung janin menjadi tidak teratur, sehingga persediaan oksigen dan persediaan makanan berkurang.

Penyebab Stres Anak

Seiring pertambahan usia terutama saat masa remaja, berbagai penyebab dapat memicu stres pada anak, di antaranya adalah:

  • Makanan
    Kurangnya kandungan gizi pada makanan dapat menyebabkan pertumbuhan anak tidak optimal dan suplai gizi yang diperlukan tubuh tidak tercukupi sehingga dapat menimbulan stres. Begitu juga, konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan, karena makanan tersebut memiliki kandungan gula yang berlebih dan minim gizi untuk tubuh.
  • Kurang Tidur

Terlalu banyak bermain atau menonton televisi membuat anak kekurangan jam tidurnya. Untuk anak yang telah bersekolah, banyaknya tugas dari sekolah, kegiatan ekstrakurikuler atau kursus yang berlebihan membuat anak kekurangan waktu dan harus menghabiskan waktu untuk menyelesaikan tugasnya sehingga jam tidur berkurang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi dan pikiran anak menjadi tidak stabil dan rentan mengalami stres.

  • Lingkungan
    a. Pertengkaran orang tua atau perceraian

             b. pindah sekolah atau tempat tinggal

             c. ditinggalkan keluarga terdekat (misal: kakek, nenek), kehilangan binatang kesayangan

  •  Pola asuh

Stres dapat terjadi pada anak apabila dia merasa tidak dapat memenuhi tuntutan orang tuanya ataupun karena dia harus mengalami konsekuensi buruk akibat kesalahan keputusan yang diambilnya.

  • Tekanan dari teman
    Dalam pergaulannya, seorang anak tidak ingin berbeda dari anak-anak lain dari kelompoknya. Perbedaan seorang anak, mungkin karena fisik atau sifatnya dapat memancing ejekan dari teman-temannya. Ini pula yang dapat menyebabkan seorang anak merasa stres karena merasa tidak dapat diterima oleh teman-temannya

GEJALA STRES

  • PSIKOSOMATIS : Bia si kecil sakitdalam jangka waktu lama dan setelah diperiksakan ke dokter tidak ada masalah, bisa jadi dikarenakan anak mengalami stress atau masalah (Misal : sakit perut, sakit kepala, mual)
  • Di sekolah : nilai pelajaran menurun drastis, anak sering membuatulah di sekolah
  • Perilaku: kebiasaan menggigit kuku pada situasi tertentu, sulit makan, lebih rewel, lebih mudah marah, bermasalah dalam tidur.

Apa Yang Harus dilakukan apabila gejala diatas muncul

  • Amati kapan gejala itu mulai muncul dan ingat-ingat ada kejadian apa dalam masa itu yang mungkin bermakna bagi anak.
  • Kapan saja kebiasaan tersebut timbul.

 Membantu Anak yang Mengatasi Stres

  • Liburan
  • hindari  Panik
  • Perbaiki pola asuh
    a. Mengurangi tuntutan pada anak

b. membuat aturan yang jelas, alasan dan konsekuensi apabila melangar

c. Berikan pujian pada anak apabila bersikap positif

  • Beri keleluasan yang wajar untuk anak
    Untuk hal-hal yang tidak terlalu prinsip, berikan keleluasan pada anak. Misalnya dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler atau kursus yang akan diikutinya. Biarkan anak menyalurkan hobinya sehingga anak tidak merasa terkekang dan menikmati aktivitasnya.
  • Berikan makanan sehat dan tidur cukup
    Karena asupan gizi dapat mempengaruhi stres anak, maka sajikan makanan yang bergizi untuk Anda, jangan membiasakannya dengan makanan cepat saji, soft drink, atau jajanan lain yang tidak bergizi. Juga biasakan anak agar makan dengan teratur dan tepat waktu. Sedangkan untuk membantu anak cukup tidur, bantu anak agar memiliki jadwal yang baik, tentukan kapan dia boleh bermain, kapan harus mengerjakan tugas dan jadwal lainnya sehingga anak memiliki waktu untuk tidur siang dan tidak sampai harus tidur larut malam untuk mengerjakan tugasnya.
  • Perhatian dan kasih sayang yang dari orang tua tertutama yang dibutuhkan anak dan membantu anak terhindar dari stres. Maka, terus dukung, latih dan asuh anak Anda agar dia dapat menikmati hari-harinya dengan ceria.

Sponsored By

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *