Blog

ORANGTUA BERTENGKAR, ANAK DEPRESI

picture-depresiSeorang ibu mengatakan bahwa : anak semata wayangnya, yang seorang perempuan berusia 5 Tahun sudah sebulan ini suka marah-marah. Jarang mau diajak bicara dan beberapa kali buang air besar di celana. Sudah saya bawa ke dokter dan periksa di laboratorium, tapi semua normal. Saya khawatir anak saya depresi. Soalnya saya dan suami sering bertengkar didepan dia.

Melihat Gejala dari anak tersebut memang sedang depresi. Depresi pada anak salah satu gejalanya memang mengalami kemunduran perkembangan. Seperti toilet training. Biasanya usia 5 Tahun sudah tidak buang air kecil atau besar di celana. Namun jika anak mengalami depresi, maka hal diatas akan terjadi. Selain itu, anak akan menjadi lebih pendiam, sensitif, mudah marah dan sering sakit, kadang mengeluh sakit kepala dan mudah pusing.
Salah satu penyebab memang pertengkaran orangtua. Anak yang hidup bersama orangtua yang sering bertengkar dapat menjadi depresi, tidak percaya diri dan akan menurun prestasi belajarnya. Anak juga belajar bahwa penyelesaian masalah yaitu dengan pertengkaran. Jadi usahakan di depan anak orangtua dapat menahan pertengkaran dan mencari tempat untuk menyelesaiakan masalah.
Usia 0-5 tahun adalah golden age, karena pada usia itu anak akan membentuk kepribadian. Sehingga perbaiki hubungan dengan suami, buat suatu komitmen baru yang mengutamakan kebaikan anak. Jika hubungan orangtua harmonis, masalah-masalah yang dialami anak perlahan akan berakhir (sembuh). Tunjukkan pada anak bahwa orangtua sangat menyayangi dan bangga terhadap kehadiran anak. Manfaatkan sisa-sisa golden age anak agar mental anak menjadi baik. Sabar dan jangan pernah lelah untuk mencoba.

By Yulia Wahyu Ningrum, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Related Post

Leave a Reply

http://www.bmatavhati.co.id/wp-content/uploads/2018/06/pohne.jpg
phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081253403099